Wednesday, April 7, 2010

Katura Ar, Maestro Batik Trusmi Cirebon

batik trusmi cirebon katura
Mendengar batik Trusmi Cirebon akan mengingatkan kita kepada budayawan dan seniman batik, Katura Ar, yang sekaligus sebagai pemilik Sanggar Batik Katura. Seorang pria berusia 58 tahun yang sangat peduli dengan seni dan budaya, khususnya batik. Beliau dilahirkan di Trusmi pada tanggal 15 Desember. Semasa kecil, beliau selalu membantu bapak dan ibunya yang tak lain seorang pengrajin batik. Mulai dari usia 11 tahun, sepulang sekolah beliau membantu bapak dan ibunya membuat batik dengan keuletannya, karyanyapun sangat bagus.

batik trusmi cirebon katura

Bpk Katura adalah orang yang sangat peduli dengan batik, orang yang baik, ramah, terampil, ulet, telaten, cerdas, penuh kesabaran, dan yang penting memiliki selera humor. Beliau sosok pengajar yang baik dan tak segan untuk membagi ilmu tentang batik.

Beliau seorang yang mampu berpikir kritis meskipun beliau tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Di SDN 2 Trusmi Wetan beliau pertama kali bersekolah, kamudian melanjutkan ke SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama) Trusmi. Setelah itu beliau tidak melanjutkan ke tingkat selanjutnya karena keadaan ekonomi, sehingga beliau mengisi harinya dengan membantu ibunya yaitu membatik.

Hingga kini beliau masih melakukan kegiatan tersebut meskipun tidak setiap hari.
Dengan latar belakang beliau yang tak terlalu tinggi, beliau selalu belajar dari sekelilingnya serta dengan keuletan serta berbekal ilmu membatik dari bapak dan ibunya beliau mampu mendapat Haunoris Causa dari A. University of Hawaii sebagai Master Of Art.
Pada tanggal 28 Desember 2009 Katura mendapat penghargaan Upakartij asa pelestarian bidang usaha industri batik. Penghargaan diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta.

1 comment: