Friday, July 9, 2010

Srabat Cirebon Karya Seni Yang Penuh Makna

Minggu lalu aku merapihkan isi rumah dan tempat kerja yang dipakai oleh ayah. Seperti biasa kalau tidak dirapihkan dalam waktu seminggu maka tempat kerja menjadi seperti pasar malam, tak karuan bentuknya. Ketika aku membuka salah satu laci meja aku mendapati satu buntel kertas yang sudah digerogoti tikus. Ternyata buntelan ( bahasa Indonesianya apa ya buntelan?.... ) tersebut isinya adalah srabat yang sudah dikecilkan dalam ukuran kertas hvs. Ini adalah koleksi srabat Cirebon yang dikumpulkan oleh ayah dan teman-temannya ketika berprofesi sebagai pelukis kaca. Waduh… kertas yang digerogoti tikus tersebut merupakan benda yang berharga, ada sekitar dua puluh srabat.

Ketika aku konfirmasikan ke ayah mengenai srabat yang hancur karena digerogoti tikus, dia mengatakan bahwa srabat tersebut telah discan dan datanya sudah diburning ke cd. Jadi kalau mau mencari koleksi srabat coba saja cari koleksi cd-nya. Tenang juga perasaanku karena srabat tersebut telah discan dan aman keberadaannya, sekarang tinggal mencari cd yang dimaksud. Tidak lama untuk mencari keberadaan koleksi srabat. Ketika aku buka koleksinya, aku berfikir untuk menyelamatkan srabat Cirebon dari kehancuran , karena mungkin keberadaannya sudah tidak dilirik lagi oleh masyarakat. Dan melalui postingan kali ini aku mengupload koleksi srabat sehingga sobat Wongtrusmi bisa menyimpannya sendiri.
Dari awal aku belum menerangkang apa itu srabat dan apa fungsinya dalam kehidupan kita? Srabat adalah seni kaligrafi yang dituangkan dalam bentuk benda, binatang atau manusia yang berisi tentang doa dan ayat  Al quran. Fungsinya biasanya sebagai jimat yang tujuannya untuk menolak bala atau sebagai obat penyembuh penyakit. Spesifik fungsinya aku tidak berani menerangkan karena ditakutkan menimbulkan sirik . Aku sendiri lebih memilih sebagai benda yang memiliki nilai estetika yang layak dituangkan dalam sebuah lukisan atau batik.
Aku sendiri pernah melihat seseorang yang katanya suka dimintai nasehatnya karena dianggap oleh masyarakatnya sebagai orang pintar atau paranormal. Katanya dia mempunyai sebuah jimat dalam selembar kertas yang setiap sore jumat mesti dikasih kembang dan dibakar kemenyam. Katanya berkat jimat tersebut dia mampu meramal kapan hari baik dalam melaksanakan sebuah hajat. Kareana penasaran aku mendatangi orang pintar tersebut dan meminta untuk memperlihatkan jimat yang sering dia gunakan sebagai peramal hari baik dan buruk. Sebenarnya dia enggan untuk memperlihatkan jimat tersebut, tapi karena aku bisa meyakinkan dia bahwa tujuanku baik akhirnya dia mau juga memperlihatkan jimat tersebut. Setelah aku teliti ternyata jimat yang dimaksud adalah kalender Hijriyah Aboge. Walah… sampai begitunya perlakuan terhadap suatu ilmu. Mengenai kalender Lunar Aboge dan keterkaitan adat masyarakat Trusmi dengannya akan saya ulas dalam topik lainnya ( kapan ya…. He..he… ).
Ok, berikut ini koleksi srabat Cirebon, silahkan simpan. Kalau kurang mempunyai srabat lainnya silahkan tambah sendiri.
 BUROQ

SEMAR
APA YA NAMANYA 
SALAH SATU WAYANG PANAKAWAN
BANTENG WINDU
SEMAR
BUROQ
KALO NGGAK SALAH NAMANYA PANDU

12 comments:

  1. karya kaligrafi yang menakjubkan

    ReplyDelete
  2. KLO SEMAR DAH ADA BAJUNYA TUCH DI KOLEKSI KAOS TRUSMI,,SEKEDAR SARAN KLO BS PASANG KODE SMILE YM N BIKIN cONTACT ME BIAR MEMPERMUDAH PENGUNJUNG YG INGIN PESAN KAOS SAMPEAN WAKA KA KA KA

    ReplyDelete
  3. bagus infonya. saya baru kali ini denger istilah srabat. kalo di kultur lain mungkin disebut isim, ya...

    ReplyDelete
  4. Wah,dadi pengen balik ning plered je....!Terus jalan-jalan ning Trusmi, insya Alloh mampir ning griyane sampean. Maju terus budaya Cirebon!

    ReplyDelete
  5. mba aku coba kontak via HP kok ga diangkat2 ya?

    ReplyDelete
  6. apa artinya untuk gambar buroq dan semar..,.?
    tolong jawabannya,,..

    ReplyDelete
  7. salam kenal mas ...saya tertarik sekali sama kerajinan cirebon....nice info. kapan kapan bisa nich maen ke trusmi ke rumah mas saya kebetulan orang cirebon juga.

    ReplyDelete
  8. Wahhh...gambar-gambar iku ngelingnang waktu kita masih cilik, ternyata nembe weru iku arane srabat...

    Dadi nambah kangen balik ning cerbon.....

    Salam kabeh karo wong2 cerbon sing gabung ning kene...

    ReplyDelete
  9. terimakasih telah mengingatkan...agak susah search di web mencari macan ali,naga paksi dalam bentuk vektor...

    ReplyDelete
  10. saya punya vector macan ali versi kanoman dan kasepuhan.. saya trace manual dari gambar jpg, sekalian minta ijin mau trace manual gambar srabat di atas..

    ReplyDelete
  11. Maaf itu kalau yg terakhir namanya darma kusuma atau yudistira terimakasih😊

    ReplyDelete