Wednesday, March 23, 2011

Clean Batik Initiative Batik Bersih di Cirebon

clean batik initiative cbi batik bersih

Training of Trainer produksi batik bersih untuk konsultan teknis lokal wilayah Cirebon berlangsung mulai tanggal 22  - 26 Maret 2011 bertempat di ruang pertemuan Batik EB. Tujuan dari pelatihan ini untuk membekali calon trainer yang akan mendampingi para IKM dalam melakukan program batik bersih selama tiga bulan. Program ini diikuti oleh 13 peserta lokal dari latar belakang yang berbeda yang kemudian akan diseleksi lima terbaik untuk menandatangi kontrak kerja dengan CBI selama tiga bulan. Berikut ini nama-nama peserta dari pelatihan : Masgandi, Fedri J., Dini A., Ari Rahma, Sumiskad, Dian, Yan F., Yulianto, Erona S., Nuri, Yuhantono, Andie, dan Danang. Diharapkan dari kelima trainer yang terpilih akan mampu mensosialiisasikan program CBI kepada 60 IKM batik yang tersebar di Cirebon.

Prakarsa Batik Bersih (Clean Batik Initiative/CBI) merupakan sebuah program yang berlangsung selama 4 tahun (2010-2013) yang diimplementasikan oleh Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID) dan didanai bersama dengan Komisi Uni Eropa melalui program hibah SWITCH-Asia, serta mendapat dukungan teknis dari Pusat Produksi Bersih Nasional (PPBN) di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup, Republik Indonesia.
CBI bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan yang disebabkan oleh produksi batik sekaligus memaksimalkan keuntungan UKM serta meningkatkan kondisi kerja dan keselamatan pekerja produksi batik.
Program ini terdiri dari 3 komponen utama:
·         - Produksi Berkelanjutan
·         - Konsumsi Berkelanjutan
·         - Dialog Kebijakan

Faktor pendukung utama dalam program ini diantaranya:
1.     Training of Trainer produksi batik bersih untuk Konsultan Teknis Lokal
2.     Lokakarya, pendampingan teknis, dan evaluasi penerapan konsep produksi batik bersih kepada 600 UKM batik di 6 propinsi di Indonesia (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur) dan 2 propinsi di Malaysia (Kelantan dan Terengganu)
3.     Training of Trainer untuk para pemasar batik
4.     Seminar pemasaran bagi UKM batik
5.     Kegiatan promosi dagang batik bersih
6.     Kegiatan sosialisasi bagi kelompok pengguna batik, organisasi, dan pedagang eceran
7.     Dialog kebijakan di tingkat pemerintah lokal, daerah, dan nasional
8.     Kegiatan kelompok lobi pemerintah selama masa intervensi

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program CBI, silahkan kunjungi situs http://cleanbatik.com atau bisa juga download file pdfnya disini.

5 comments:

  1. salam kenal dari blogger cirebon....ntar kapan mampir ning kampung batik trusmi akh

    ReplyDelete
  2. Salam buat Wong Trusmi....
    Sayang, saya tidak bisa melanjutkan sampai tuntas ToT Tentang Produksi Bersih. Namun, banyak hal yang bisa saya peroleh dari kegiatan tersebut.
    Sukses buat : CBI, Wong Trusmi, TC ....

    ReplyDelete
  3. Salam kembali,
    Secara konsep batik bersih gampang dimengert, tapi prakteknya suesahhh banget ngerubah kebiasaan orang supaya nurut dengan kemauan kita. Apa perlu pake uya kuya biar nurut...
    Saatnya membangun daerah.
    Makasih...

    ReplyDelete
  4. sy bru di training nie tentang CBI, jdi lum bs komentar.... smgt ja buat TEAM CBI....

    ReplyDelete
  5. WAWAN KRIA SAHID SKHMarch 6, 2013 at 2:23 PM

    sy bru di training nie tentang CBI, jdi lum bs komentar.... smgt ja buat TEAM CBI....

    ReplyDelete