Tuesday, January 26, 2010

Muludan Ritual Masyarakat Trusmi

Peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw diperingati oleh masyarakat Cirebon dalam berbagai bentuk. Sebagai tradisi yang turun temurun upacara muludan dilaksanakan di beberapa tempat di Cirebon, diantaranya di Keraton Kasepuhan dan Kanoman pada tanggal 12 Mulud, di Desa Tuk tanggal 19 Mulud, desa Gegesik tanggal 21 Mulud dan desa Trusmi tanggal 25 Mulud.


Sama halnya dengan ritual yang dilakukan di Keraton Kasepuhan, di Trusmi juga acara Muludan dimulai dengan berangkatnya iringan pembawa jimat dan pontang ( hidangan tradisional ) dari kediaman Sep ( kepala kunci kiai Trusmi ) menuju masjid keramat Trusmi. Acaranya adalah pembacaan kitab Maulid Albarjanzi yang berisikan tentang kehidupan Nabi Muhammad saw. Ritual ini dilaksanakan pada malam 25 Mulud setelah sholat Isya.

Biasanya Trusmi mulai kebanjiran pedagang dan pejiarah mulai tanggal 13 Mulud atau setelah acara panjang jimat tanggal 12 Mulud di Keraton Kasepuhan selesai. Nah, bagi anda yang bermaksud untuk berbelanja batik Trusmi janganlah di antara tanggal 13-25 Mulud karena jalanan Trusmi sudah tidak bersabat dengan mobil kecuali kalau mau ngantri untuk mengambil parkir atau mungkin mobil anda tergores. Apalagi puncaknya 20-25 Mulud, pastinya jalanan trusmi sudah distop untuk kendaraan. Tapi jangan kuatir banyak jasa yang menawarkan parkir di sekitar jalan yang menuju Trusmi, Anda tinggal belanja dengan jalan kaki. Tapi jangan kaget karena seluruh showroom batik di pinggir jalan tertutup rapat oleh pedagang kaki lima, jadi Anda mesti jeli memilih showroom yang dituju.

Selain berbelanja ada sebagian pengunjung berjiarah ke Makam Buyut Trusmi. Tujuan mereka bermacam-macam, dari yang ingin memgetahui situs keramat, mendoakan para auliya, dan ngalap berkah. Mereka yang bermaksud ngalap berkah dianjurkan untuk melapor dulu kepada Kiai yang bertugas, kemudian oleh pembantu kiai yang disebut Kemit pejiarah akan diantar sesuai dengan keinginan. Biasanya ritual ngalap berkah dimulai dari mandi di Pakulahan ( kolam yang digunakan untuk mandi di sebelah timur masjid ), kemudian dilanjutkan dengan mandi di sumur sebanyak tujuh ember. Ritual ini dimaksudkan untuk membersihkan badan sebelum ritual kedua dilaksanakan. Selesai mandi dan berpakaian yang rapih pejiarah menuju ke makam Buyut Trusmi untuk berdoa. Kemudian ritual yang terakhir adalah sesuai keinginan pejiarah, ada yang langsung pulang, nyepi, atau mencari benda-benda yang diyakini dapat memberikan berkah seperti, sumbu atau kapas dengan minyak kelapa, gabah, lidi, dan air. Selesai berjiarah jangan lupa pamit ke kiai yang bertugas, jangan lupa kasih amplop lho.

Yang menarik di dalam peringatan Maludan ini adalah adanya kewajiban bagi orang yang mempunyai gelar adat Trusmi seperti Kunci Kiai, Kiai, Masbuk dan Kaum untuk selametan dengan membuat pontang atau berkat. Berkat ini diberikan untuk Keramat Makam Buyut Trusmi dan sebagian dibagikan kepada kerabat dan famili.

2 comments:

  1. Permisi, saya wina mahasiswi asli cirebon yang tengah kuliah di Bandung. Saya ingin meminta izin untuk menggunakan artikel ini sebagai salah satu ajuan tugas kuliah, untuk sumbernya akan tetap saya sertakan alamat blog ini, terima kasih. :)

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete