Tuesday, January 26, 2010

Saparan Ritual Masyarakat Trusmi

 Dalam Islam bulan yang paling banyak membawa musibah adalah bulan Syafar. Dibulan ini diturunkannya 350.000 kecelakaan dan bencana., dan yang terbanyak pada hari Rabu terakhir bulan Syafar atau yang terkenal dengan istilah Rebo Wekasan.
Untuk menghindari bencana tersebut dianjurkan memperbanyak berbuat baik dan bersedekah.

Sebagai perwujudan sedekah adalah melaksanakan tradisi ngapem. Ngapem adalah tradisi memberikan sedekah berupa kue apem kepada saudara dan tetangga yang dilakukan pada bulan Syafar. Kue apem terbuat dari tepung beras yang diberi racikan bumbu dan ragi yang diaduk selama satu jam. Bahan adonan tepung ini didiamkan selama kurang lebih enam jam atau setelah adonan mengembang. Setelah mengembang berarti kue apem siap dicetak dengan cara dikukus atau dicetak seperti kue surabi. Sebagai pasangan kue ape ini adalah kinca campuran gula merah dengan santan, tapi dalam perkembangannya terdapat dua jenis kue apem, yaitu kue apem tawar berwarna putih yang dipasangkan dengan kinca, dan yang kedua kue apem manis berwarna coklat, putih, kuning dan hijau.

Setelah Magrib di malam Rebo Wekasan masyarakat Trusmi membagikan shodaqoh uang receh kepada anak-anak yang sengaja datang berkunjung kerumah dengan membawa obor atau lilin. Anak-anak ini mengucapkan syair pujian dan doa untuk keselamatan pemilik rumah. “Wur jitawur selamet dawa umur” , semoga masyarakat Trusmi terlepas dari bencana sehingga dipanjangkan umurnya untuk berbuat baik terhadap sesama, amin.

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete